Langsung ke konten utama

[Review] Klinik Kehamilan Sehat Duren Sawit

I'm 22 weeks pregnant already!!! Itu artinya sudah separuh perjalanan sampai Baby Z untuk launching and I'm never been this happy. Doa yang selalu sama Ibuk sebut dalam setiap sujud adalah kesehatan dan keselamatam kita ya, Kak. Aamiin 

Seperti judul yang sudah terpampang jelas, kali ini gue bakal mencoba sharing pengalaman gue datang ke Klinik Kehamilan Sehat untuk meet up sama Baby Z yaaa. No offense, benar-benar sudut pandang gue sebagai customer. Hope you guys enjoy!

keadaan parkiran klinik pas gue sama bee keluar buat maghriban. gedungnya ada di tengah yaa

Gue coba datang ke sini karena rekomendasi temennya pak suami. Katanya ada Klinik buat cek 4D yang murah di daerah Duren Sawit. Karena kami berpikir dekat dari rumah Bekasi, akhirnya kami nyempetin waktu untuk mampir sabtu kemarin (29/7), padahal lagi repot packing pindahan haha. Nah, sebelum kami datang ke sana, gue sempet survey via instagram @kehamilansehat dan web Klinik Kehamilan Sehat (KSS). Di sana tertera informasi lokasi KSS yang lumayan banyak beserta jadwal dan nomor telpon. Sila dicek sendiri ya, Bunda-bunda ^^

Setelah liat webnya, gue save nomornya untuk tanya-tanya. Kebetulan gue dateng hari Sabtu dan pendaftarannya dijatah per sesi. Untuk sesi malam, bisa daftar mulai jam 5 karena pemeriksaan start jam 6.

Pas dateng pertama kali, image kliniknya nyaman dan sepi. Kliniknya bersih dengan cukup banyak bangku yang disediakan. ACnya juga berasa dingin. Ada dispenser juga kalau mau refill air minum hehe. Tapi, ruang periksanya cuma satu. Oh iya, ada musholla juga sebenernya, tapi peralatannya terbatas. Jadi, gue dan Pak Suamik memilih untuk maghriban di luar.


ruang tunggu

ruang tunggu
Btw, itu gue bukan sengaja ambil foto yaa. Cuma pas pindah duduk sekalian foto biar keliatan dua arah hehehe

Ternyata, sesampainya kami di sana, jam buka pendaftaran diundur jadi jam 6 sore karena dokternya ada operasi mendadak kalau gak salah. Okelah, kami tunggu. Eh, tapi tadi gue liat ada kertas buat catet nama-nama gitu. Itu buat apa ya? Berhubung newbie, akhirnya gue nanya ke resepsionisnya gimana stepnya.

Gue : "Mbak, saya kan baru pertama kali. Nanti gimana yaa step pendaftarannya?"
Resepsionis : "Nanti nulis nama di sini (nunjuk kertas di mejanya), abis itu kita panggil urut buat didata-cek tensi-berat badan, terus antre lagi sampe dipanggil buat periksa sama dokternya."
Gue : "Oh, gitu. Makasih ya, Mba."

Pertanyaan gue yang gak sempet ditanyain saat itu adalah, "Siapa yang bakal nulis nama di kertas itu?"

Pasien yang dateng atau resepsionisnya yang paling gak inget siapa yang dateng duluan. Kenapa gue nanya gini, karena pihak KSS gak menyediakan nomor antrean buat diambil sama yang dateng duluan. Dengan masih berhusnudzon, gue pikir bahwa Mbaknya lah yang akan nulis. Eh, tapi bukan ga mungkin sih kalo rebutan gitu. Dulu-duluan. Secara orang Indonesia susah banget buat disuruh antre apalagi kesadarannya hahaha. Tapi, kebayang gak ibu-ibu hamil rebutan daftar?

Akhirnya gue bilang sambil bercanda, "Bee, kan ga ada nomor antrean nih. Masa iya ibu-ibu hamil rebutan nulis nama di meja itu?"

Kata dia sambil ketawa, "Hahaha, nanti jadi kayak Hunger Games kalo beneran gitu."

Dan ternyata bener lah! Gue denger dari meja resepsionis itu, salah satu Mbanya ngomong pas ada calon pasien yang nanya. Kurang lebih gini, "Yaa, nanti kesadaran aja siapa yang dateng duluan. Karena kita juga gak ngingetin kan siapa aja yang dateng duluan. Dan buat hari ini cuma dibatas 18 pasien karena dokternya juga mundur waktunya."

Denger gitu, Pak Suamik bilang, "Beneran begitu, bee. Kamu pengen banget? Kalo misalkan hari ini ga dapet kita coba lain kali aja gak apa-apa ya?"

Gue cuma ngangguk dan bilang sambil ngguyon, "Yang penting kita gak nyelak orang deh. Ntar disumpah-sumpahin."

Deket jam 6 sore, ada satu ibu muda yang udah siap-siap berdiri. Padahal dia datengnya lebih lama dari gue dan bener lah, suami dia dan beberapa suami yang datengnya lumayan belakangan nyelak antrean. Udah ketebak sebenernya. Karena kaget segitunya berebut dulu-duluan nulis nama, kami berdua ngeliatin dulu sambil ketawa miris. Baru daftar. Dan bener aja, kami dapet nomor hampir buntut. Nomor antrean 16! So, siap-siap dulu-duluan aja atau siap-siap sabar kalo ada BuPakMil model suka nyelak gitu yaa~

Seperti kata Mba Resepsionisnya, setelah tahap tulis nama, pasien akan dipanggil untuk didata. Pendataannya meliputi pasien baru atau lama. Jika pasien baru, siapin KTP jangan lupa yaa. Setelah itu lanjut ke pemeriksaan dasar. Nanti bakal ditanya kapan terakhir menstruasi, kalau lupa, infoin aja HPHTnya kapan. Abis itu tensi dan timbang berat badan. Terus nunggu lagi deh.

Waktu tunggu dari kedatangan sampai pemeriksaan makan waktu kurang lebih lima jam (kami dateng jam 5 sore, dipanggil periksa hampir jam 10 malam). Itu udah termasuk waktu pendaftaran yang ngaret plus istirahat dokter buat makan dan jeda antara pasien satu dan yang lain. Berhubung lama, gue sempet foto daftar harga dan jenis pelayanan yang ada di KSS Duren Sawit.


Akhirnya, kami dapet giliran periksa. Ruang periksanya gak begitu besar. Isinya cuma ada kasur periksa, layar pandang pasien, serta alat USG dan kursi untuk dokternya. Bidan/suster dan pendamping yang nganter ke dalam ga dapet kursi tunggu buat duduk.

Dokter yang periksa cukup baik dan sabar. Sempet meminta gue untuk berkemih dulu karena ternyata isinya kepenuhan yang akan bikin hasil USG gak bagus. Setelah berkemih, gue baring lagi buat periksa. Dokternya cukup sabar buat nyari posisi yang bagus buat ngintip Baby Z. Sempet agak lama juga dapet yang bagus buat 4Dnya karena ternyata ketuban gue dalam kondisi ICA 2cm *hiks. Setelah raba-raba sana-sini, dapet lah hasil kayak giniiiii~

hello there, Baby Z
Meskipun gak begitu jelas, tapi rasa kesel diserobot dan nunggu berjam-jam langsung lenyaaaaapppp dan seneng banget liat hasilnya.

Nah, obgyn-nya memang gak gitu banyak omong. Tapi, to the point kasih info penting. Kayak gue kemarin diinfo ketuban agak kurang jadi diminta buat banyak minum. Tapi, kalo Bunda banyak pertanyaan yaa pasti dijawab sih. Setelah diperiksa, kami nunggu lagi buat dapet hasilnya serta dapet penjelasan semua yang tercetak di hasil periksa sama Mbak yang sedari tadi di meja resepsionis. Plasenta di mana, berat bayi berapa, kekurangannya apa dan saran dari dokternya gimana, dan lain-lain.

Untuk kontrol ini, kami bayar 180.000 (karena pasien baru) itu sudah termasuk administrasi, hasil periksa, print 2D (diameter kepala, perut, & detak jantung. dicetak di satu kertas. Jadi gambarnya kecil-kecil), dan 4D ukuran kecil tanpa warna (seperti yang gue upload di atas). Nah, kayaknya harga ini adalah harga promo gitu. Karena kalau liat  di tabel harga, harga yang seharusnya kami bayarkan untuk kontrol dengan print 4D sebesar 230.000 (untuk pasien baru). Nah, mengenai kejelasan harganya gimana, bisa langsung tanya ke KSS aja yaaa :)

Oh iya, gue sempet tanya-tanya untuk kontrol yang eksklusif itu kayak gimana. Jawaban dari Mbak Resepsionisnya adalah,

"Kalau untuk eksklusif, pemeriksaannya lebih detail dan lebih lama. Nanti gak hanya wajah dan jenis kelamin aja yang diliat. Tapi, diliat juga organ-organ lain kayak jari-jari, bagian tangan, bagian kaki. Pokoknya lengkap. Dan untuk hasil yang maksimal, usia kehamilan ga boleh lebih dari 29 minggu dan kondisi ketuban juga harus bagus yaa, Bu."

Overall, gue puas dengan pelayanan dan hasil kontrol di KSS ini. Worth to try. Gue pun berencana kembali lagi buat ambil yang eksklusif. Mau liat Baby Z secara lebih detail doooonngggg. Paling, saran yang gue sampaikan untuk KSS (semoga ada yang baca pihak KSSnya hehe) adalah untuk menyediakan nomor antrian cadangan manual. Berupa kertas urut aja nomor 1 sampai batas pasien hari itu. Ini bisa dipakai sama keluarga yang udah dateng duluan, tetapi jam daftar belum dibuka. Jadiiiii, ga ada cerita selak-selakan dan ga ada tim sakit hati gitu deh. Mengingat jarang banget yang mau antre dan tingkat kesadaran yang minim hehe.

Yang perlu digarisbawahi adalah, KSS yang gue datangi adalah KSS Duren Sawit dan kebetulan jam daftar mundur sejam. Gue ga tau untuk di KSS lainnya atau saat jam daftar KSS Duren Sawit berjalan seperti biasa :)

Well, kayaknya bukan cerita singkat yaaa. Tapi, gak apa-apa lah, semoga postingan kali ini bisa membantu buat yang mau kontrol di KSS.

Happy reading, Bunda dan Ayah wannabe ^^

Komentar

  1. Hi mba.. Waktu itubama dr bram bukan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo, mas. Kemarin pas ke sana sama dokter perempuan. Tapi lupa namanya hehe

      Hapus
  2. Wktu keren dr. Norma atau dr.eva Mbk yg periksa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jgn sama dr eva. G lengkap pemberitahuannya . Jutek jg.

      Hapus
  3. nice sharing and review, pengen banget kesana juga, tapi hasil print 4D nya hitam putih ya.. ^^ eh tap disana bebas rekam pake kamera pribadi sih yaa,, tetep worth it lah..

    BalasHapus
  4. Ok, malasih buat mba nya, cukup membantu jg info nya, mudah2an bayi nya sehat selalu ya.....

    BalasHapus
  5. Mbak mau nanya, itu nanti pas Konsul di jelasin juga kan ya jenis kelamin nya. Soal nya baru pertama kali mau usg jadi agak bingung hhe. Mohon dijawab ya mbk

    BalasHapus
  6. Hai mbak. Aku pernah di klinik kehamilan ceger. Sekarang sih USG nya udah 290. Waktu itu aku transv soalnya masi 5 weeks hehe. Overall kalo d Ceger dkt rumahku sih bagus. Ga ngantre lama. Trus ruangannya cewek banget, pink gitu. D ruang praktik ada sofanya juga. Berasa kek lagi d klinik perawatan wajah. Dokternya juga baik 😊

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kak maaf mau tanya kk dengan dokter siapa ya? Dulu aku anak pertama dengan dokter agus. Cukup komunikatif. Tp mau coba yg lebih detail kira2 sama siapa ya?

      Hapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

"Jajan" DSOG

Haiii, berhubung bukan blogger beneran jadinya gini deh. Ngeblog suka-suka hehehe. Mungkin aneh yaa liat judulnya, tapi ini ungkapan paling gampang sih hehehe. Yup, di usia kandungan yang memasuki 31minggu ini gue masih "jajan" DSOG (dokter spesialis obgyn/dokter kandungan). Kenapa? Karena gue abis pindah rumah, dari yang sebelumnya di daerah Bekasi ke Kemayoran. Rumah lama yang gue tempatin. Tapi, tetep berduan sama Pak Suami karena sekeluarga pindah ngikutin kuliahnya adek gue. Jauuuuhhh hari sebelum jadwal kontrol, gue sibuk browsing  cari nama-nama dokter yang cukup direkomendasiin sama buibu di forum-forum. Muncul beberapa nama dari berbagai macam rumah sakit. Cumaaa karena niat awal maunya di RS Islam Cempaka Putih dan dengan DSOG cewek, jadi gue kerucutkan deh nama-nama DSOG cewek di RS Islam Cempaka Putih. Nama yang mudah dan sering muncul adalah nama dr. Onny. Beliau juga praktik di RSIA Tambak dan pasiennya selalu ruameeeeeee kalo di Tambak sana. Kemudian ada

Hello, tiny itsy bitsy

We are a happy parents to be! Yes. P-A-R-E-N-T-S :) Alhamdulillah - pinterest